Inception, mimpi, dan realitas

Mata ini mengatakan langit itu jingga, dan telinga ini berbisik bahwa suara burung itu merdu pagi ini. Itulah realitas pagi ini. Tunggu dulu. Belum tentu itu adalah sebuah realita! Masa? Coba tanya orang di sebelah, hufff.. memang benar langit itu jingga dan kicau burung itu merdu kata orang sebelah. Aku masih sadar! Tunggu dulu jangan-jangan orang sebelah ini sama-sama tidak sadar? Ya, selamat datang di gua Plato. Dan kita bersama-sama mungkin sedang menyaksikan proyeksi langit jingga dan kicau burung merdu melalui pengalaman inderawi seragam tanpa tahu sumber cahaya ide yang memberi bayangan proyeksi langit biru dan kicau merdu itu dari balik indera.

Mungkin itulah perasaan istri Cobb dalam film “Inception” garapan sutradara Christopher Nolan. Permainan dalam dunia mimpi berlapis-lapis membuat istri Cobb bingung mana mimpi mana realita, panca indera yang entah itu dalam realita atau mimpi sudah tidak dapat dipercaya lagi. Mencari sumber ide, ia berlari keluar dari goa Plato atau proyeksi ide atau mimpi yang satu, namun bisa jadi ia kini berada di gua Plato lainnya yang lebih besar lagi dengan proyeksi ide yang berbeda, dan begitu seterusnya, sampai putus asa tanpa bisa memastikan apakah itu masih mimpi ataukah reallita. Gila! Lebih gila dari petualangan ide-ide yang berkejaran liar milik para penikmat daun kering canabis dan LSD.

Jangan percaya indera! Mulai dari meragukan segala sesuatu termasuk proyeksi indera, termasuk keberadaan diri. Dengan terus meragu terbukti bahwa kita sedang berpikir tentang keraguan. Jadi saya ada! Saya berpikir maka saya ada, saya nyata! Namun dalam mimpi itu pun, Cobb (Leonardo DiCaprio – seorang konsultan penelusup mimpi untuk menyebar benih ide) masih bisa meragu, atau artinya dalam mimpi pun dia merasa nyata. Mampus! Terjebak dalam labirin mimpi entah berapa lapis.

Inception memang keren, wajib tonton!

Advertisements

2 thoughts on “Inception, mimpi, dan realitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s