Gelombang Elektromagnetik Sekitar Kepala Kita

Cerita dari seorang teman : seorang dokter bilang kalau lagi telepon sebaiknya nempel kuping kiri daripada yang kanan, karena lebih baik bagi otak dalam hal pengaruh radiasi. Saya pernah lihat juga di internet ada yang jualan alat pengurang radiasi handphone sampai sebesar 99%, bentuknya semacam plat stiker. Bentuk ketakutan kita pada radiasi berbahaya sekitar kita.

ponsel1

Sesungguhnya “udara” kita dalam kehidupan sehari-hari penuh dengan gelombang elektromagnetik. Setiap elektron bergetar akan menghasilkan gelombang elektromagnetik yang terpancar. Tapi pada umumnya daya atau power gelombang elektromagnetik alami sangat kecil jika dibandingkan hasil buatan manusia seperti daya dari pemancar radio atau saluran listrik.

Daya atau power rata-rata gelombang elektronik/radio dari pemancar seluler di “udara” yang kita terima termasuk kecil. Minus sekian dBm. Misalkan sinyal yang kita terima -60 dBm, itu sekitar 0.000000001 Watt atau 0.000001 miliWatt. 0 dBm itu sama dengan 1 miliWatt (dBm adalah satuan level daya dengan referensi terhadap 1 miliwatt : P (dBm) = 10 Log P(watt)/10∧-3 watt). Gak tau yah daya yang kita terima dari pemancar radio FM atau televisi (belom pernah ngukur :D) Yang jelas semakin dekat dan semakin tidak ada halangan antara kita dan pemancar gelombang elektromagnetik, maka energi yang kita terima akan semakin besar.

Pemancar gelombang elektromagnetik yang lebih dekat dengan tubuh kita adalah perangkat telekomunikasi wireless sehari-hari seperti handphone, bluetooth, cordless ataupun wifi. Coba kita lihat daya pancarnya :

Technology

Max Power (dBm)

Max Power (W)

Max Power (mW)

GSM 900

33

2

2000

GSM 1800

30

1

1000

UMTS 2100

21

0.126

126

LTE

24

0.25

250

Bluetooth Class 2

4

0.0025

2.5

Wifi

20

0.1

100

List ini memperlihatkan besar daya pancar per teknologi. Saya sendiri pernah nelpon lama -handphone nempel di kuping- itu sampai telinga kayak panas dan kepala pusing. Jadi radiasi dari pemancar radio sekitar kita ini memang berpengaruh. Dalam perhitungan perambatan radio di udara, rugi-rugi yang disebabkan tubuh manusia itu sekitar 2 dB sampai 3 dB. Jadi hampir separuh energi di serap tubuh manusia. Misalkan daya pancar perangkat pemancar radio dekat tubuh kita adalah 1 watt, maka yang diserap sekitar 0,5 watt. (Contohnya handphone yang nempel kuping tadi).

Yang bisa kita lakukan adalah kurangi paparan energi elektromagnetik ini terhadap tubuh kita. Misalkan menjauhkan peralatan radio pada saat aktif digunakan, misalkan dengan memakai bluetooth atau headset atau loudspeaker. Tentang nelpon pake kuping kiri tadi saya pikir kurang bisa dipertanggungjawabkan secara logika.

 

Advertisements

One thought on “Gelombang Elektromagnetik Sekitar Kepala Kita

  1. antondewantoro says:

    Tentang nelpon pake kuping kiri tadi saya pikir kurang bisa dipertanggungjawabkan secara logika <– itulah sebabnya, karena dokter ujiannya masih pilihan ganda seperti anak SD jadi logikanya memprihatinkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s